Thursday, December 26, 2013

[Kata-kata Sapaan] Mengejar Mimpi

"Kemana arah matamu tertuju, disitulah engkau akan berada selanjutnya."

Banyak dari kita telah sering mendengar quote semacam itu. Dan banyak juga dari kita terus berlatih untuk dapat melihat pada satu titik tujuan. Berlatih fokus.

Yah, tak mudah memang ketika kita mulai fokus kepada titik tujuan itu (setidaknya ada hal yang lebih mudah dari itu seperti memasak mie instan ataupun mandi di pagi hari). "Hari ini aku akan mulai membangun jalanku untuk mencapai titik itu" atau "tetaplah semangat diriku, kelak kita mencapai titik itu" setidaknya sudah pernah terucap dan usaha kita pernah berjalan untuk hal itu, tetapi mengapa seringkali kita sulit untuk mempertahankan semangat dan keyakinan diri kita? Bukankah tujuan itu murni dari kita?

Saya bersyukur ketika bisa memulai jalan menuju titik itu, tetapi tidak dapat dipungkiri, bahwa ada banyak masa dimana saya merasa kecewa, kelelahan, sendiri, dan putus asa (dan bahkan lebih banyak lagi rasa yang menggambarkan ketidaknyamanan dalam mempertahankan hal itu). Jatuh dan bangkit kembali menjadi sebuah siklus yang sering menghantui perjalanan ini.

Lalu sampai sekarang saya masih berusaha untuk menggapai titik tujuan itu. Memang tidak mudah, tetapi justru ketika saya menyadari bahwa mencapai titik itu diperlukan banyak kerja keras.

Saya mengira bahwa tujuan itu hanya satu-satunya yang saya hidupkan. Tetapi saya belajar bahwa perjalanan itu dapat dinikmati. Banyak proses yang menempa karakter saya dan banyak hal yang saya dapatkan untuk sebagai bekal perjalanan.
Fokus menjadi hal yang terpenting dalam menuju tujuan, tetapi jangan lupa bahwa kita harus menghidupi tujuan itu setiap hari dalan perjalanan. Karena itulah yang senantiasa membakar semangat dan gairah kita untuk berjalan terus.

Tujuan saya hanya menyelesaikan pertandingan dimanapun dan kembali ke rumah. Lalu apa tujuanmu?

No comments:

Post a Comment